Pengertian Protein dan Manfaat Protein

Pengertian Protein

Pengertian protein. Protein merupakan senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi dan merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang terhubung satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein tersebut memiliki kandungan hidrogen, karbon, oksigen, nitrogen, sulfur, dan fosfor. Protein memiliki peran dalam pembentukan struktur serta fungsi sel makhluk hidup dan virus.

Jenis protein yang lain memiliki peran penting dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti protein yang berperan dalam membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh sebagai antibodi, transportasi hara, dan sebagainya. Protein berperan sebagai sumber asam amino bagi suatu organisme yang tidak dapat membentuk asam amino sendiri.

Pengertian protein
Protein merupakan salah satu penyusun utama makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan sebagainya. Protein juga merupakan salah satu molekul yang paling banyak untuk diteliti dalam biokimia. Protein pertama kali ditemukan Jöns Jakob Berzelius asal Swedia pada tahun 1838.

Manfaat Protein

Manfaat protein
Manfaat protein. Protein memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang salah satunya sebagai zat pembangun dalam tubuh. Berikut ini berbagai manfaat protein.
  1. Protein sangat cocok sebagai sumber energi. Hal ini karena setiap gram protein menghasilkan 4,1 kalori yang dibutuhkan tubuh.
  2. Mengatur metabolisme tubuh.
  3. Asupan energi utama untuk diet rendah gula.
  4. Menjaga keseimbangan antara asam basa serta cairan tubuh. Protein juga memiliki peran dalam menjaga stabilitas pH cairan tubuh.
  5. Bahan dalam sintesis substansi seperti hormon, zat antibodi, serta organel sel lainnya.
  6. Protein dapat membantu proses pertumbuhan terutama pada anak-anak dan remaja, hal ini karena sel-sel tubuh mendapatkan cukup asupan zat pembangun.
  7. Membantu kerja tubuh dalam menetralkan zat-zat asing yang masuk dalam tubuh.

Sumber protein

Kita sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi protein dari berbagai jenis makanan.
Sumber protein hewani antara lain : daging merah, daging unggas, susu, telur, dan ikan.
Sumber protein nabati antara lain : berbagai jenis kacang-kacangan, biji bunga matahari, jintan, dan biji labu.

Itulah pengertian protein dan manfaat protein bagi kesehatan tubuh

Poskan Komentar