38 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut

Manfaat buah pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang paling populer yang mudah tersedia sepanjang tahun. Buah pisang sangat sehat untuk dikonsumsi dan dapat menjaga kesehatan tubuh. Buah pisang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan E, serta kandungan lainnya seperti kalium, seng, besi dan mangan. Mengkonsumsi buah pisang sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, kulit, serta rambut.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang
Gula alami: glukosa, fruktosa, dan sukrosa
Vitamin dan mineral: vitamin B6, vitamin A, kalium, serat makanan, vitamin C, biotin, karbohidrat, magnesium, riboflavin dan mangan.

Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energy 90 Kcal 4.5%
Carbohydrates 22.84 g 18%
Protein 1.09 g 2%
Total Fat 0.33 g 0.1%
Dietary Fiber 2.60 g 7%
Vitamins Nutrient Value Percentage of RDA
Folates 20 µg 5%
Niacin 0.665 mg 4%
Pantothenic acid 0.334 mg 7%
Pyridoxine 0.367 mg 28%
Riboflavin 0.073 mg 5%
Thiamin 0.031 mg 2%
Vitamin A 64 IU 2%
Vitamin C 8.7 mg 15%
Vitamin E 0.10 mg 1%
Vitamin K 0.5 µg 1%
Electrolytes Nutrient Value Percentage of RDA
Sodium 1 mg 0%
Potassium 358 mg 8%
Minerals Nutrient Value Percentage of RDA
Calcium 5 mg 0.5%
Copper 0.078 mg 8%
Iron 0.26 mg 2%
Magnesium 27 mg 7%
Manganese 0.270 mg 13%
Phosphorus 22 mg 3%
Selenium 1.0 µg 2%
Zinc 0.15 mg 1%
Phyto-nutrients Nutrient Value Percentage of RDA
Carotene-α 25 µg -
Carotene-ß 26 µg -
Lutein-zeaxanthin 22 µg -

Manfaat Buah Pisang

  1. Menambah Energi
  2. Menambah Energi
    Buah pisang dapat diubah dari gula menjadi energi alami dan banyak olahragawan mengkonsumsinya secara rutin. Pisang merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa karena memberikan energi yang diperlukan untuk melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari.

  3. Menjaga Tekanan Darah
  4. Menjaga Tekanan Darah
    Buah pisang mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Mengkonsumsi kalsium, kalium, serta magnesium dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Buah pisang kaya akan kalium, kalsium, dan magnesium, sehingga merupakan salah satu pilihan yang sehat untuk menurunkan tekanan darah.

  5. Menurunkan Kolesterol
  6. Menurunkan Kolesterol
    Buah pisang mengandung serat yang bernama pektin. Pektin merupakan serat larut yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Menurut para peneliti, serat larut seperti pektin, psyllium, beta-glucan, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa mengganggu kolesterol HDL.

  7. Menjaga Kesehatan Ginjal
  8. Menjaga Kesehatan Ginjal
    Buah pisang merupakan salah satu sumber kalium yang apabila dikonsumsi secara teratur dalam jumlah sedang, dapat menjaga kesehatan ginjal. International Journal of Cancer menyatakan bahwa buah pisang kaya akan senyawa fenolik antioksidan yang apabila dikonsumsi dengan kubis dan sayuran hijau dapat menjaga kesehatan ginjal.

  9. Meningkatkan Fungsi Saraf dan Kekuatan Otak
  10. Meningkatkan Fungsi Saraf dan Kekuatan Otak
    Pisang merupakan sumber yang kaya vitamin B yang dapat meningkatkan fungsi saraf. Kalium yang terkandung dalam pisang juga dapat menngkatkan kemampuan mental dan kemampuan belajar.

  11. Mengurangi Risiko Stroke
  12. Mengurangi Risiko Stroke
    Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu mengurangi stroke, hal ini karena jumlah kalium yang tinggi.

  13. Mengurangi Risiko Kanker
  14. Mengurangi Risiko Kanker
    Mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker usus. Hal ini karena buah pisang kaya akan antioksidan dan serat makanan.

  15. Meningkatkan Kesehatan Tulang
  16. Meningkatkan Kesehatan Tulang
    Bakteri probiotik yang terdapat dalam pisang dapat dikatakan memiliki kemampuan yang menakjubkan untuk menyerap kalsium dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah pisang dapat membantu dalam membangun tulang yang lebih baik.

  17. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
  18. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
    Buah pisang mengandung fructooligosaccharide yang berperan sebagai probiotik (bakteri ramah). Hal ini dapat merangsang pertumbuhan dan aktivitas probiotik dalam usus besar dan menghasilkan enzim yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga meningkatkan kemampuan pencernaan dan mencegah bakteri yang dapat merugikan tubuh.

  19. Mengatasi Luka Lambung
  20. Mengatasi Luka Lambung
    Buah pisang mengandung zat-zat tertentu yang dapat merangsang sel-sel yang membentuk lapisan perut, hal ini dapat mengatasi asam lambung. Zat tersebut juga dikenal sebagai protease inhibitor dalam pisang yang dapat membantu menghilangkan bakteri di perut yang menghasilkan sakit maag, sehingga melindungi terhadap berbagai kerusakan lambung dan ulkus.

  21. Mengobati Diare
  22. Mengobati Diare
    Mengkonsumsi buah pisang merupakan salah satu pilihan yang dapat mengobati diare secara efektif. Buah pisang juga dapat membantu mengatur keseimbangan cairan.

  23. Mengobati Sembelit
  24. Mengobati Sembelit
    Buah pisang mengandung serat yang bernama pektin. Pektin dapat menurunkan kadar kolesterol, selain itu pektin juga dapat membantu mengobati sembelit dan meningkatkan fungsi usus.

  25. Mengobati Ambeien
  26. Mengobati Ambeien
    Buah pisang dapat mengobati ambeien serta dapat melancarkan buang air besar.

  27. Mengatasi Anemia
  28. Mengatasi Anemia
    Buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi penderita anemia, hal ini karena buah pisang mengandung zat besi yang tinggi yang dapat membantu meningkakan hemoglobin dalam tubuh.

  29. Mengobati Maag
  30. Mengobati Maag
    Buah pisang mengandung subtstansi antasida yang dapat membantu dalam mengobati maag.

  31. Mencegah Alergi
  32. Mencegah Alergi
    Buah pisang mengandung asam amino jinak yang dapat membantu mengatasi alergi.

  33. Mengurangi Keinginan Merokok
  34. Mengurangi Keinginan Merokok
    Buah pisang mengandung vitamin B6 dan B12 serta magnesium dan kalium yang dapat mengurangi keinginan merokok. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu pengobatan untuk berhenti merokok.

  35. Mengatasi Mabuk
  36. Mengatasi Mabuk
    Buah pisang yang dicampur dengan madu dan yoghurt dapat mengatasi menyembuhkan mabuk.

  37. Meningkatkan Berat Badan
  38. Meningkatkan Berat Badan
    Mengkombinasikan buah pisang dan susu dapat membantu meningkatkan berat badan. Hal ini karena buah pisang mengandung gula alami yang diperlukan oleh tubuh dan susu menyediakan protein.

  39. Membantu Menurunkan Berat Badan
  40. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Buah pisang mengandung banyak serat dan rendah lemak, buah pisang juga mudah dicerna. 100 gram memiliki kandungan sekitar 90 kalori. Buah pisang juga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu menu buah-buahan untuk diet.

  41. Mencegah Insomnia
  42. Mencegah Insomnia
    Buah pisang kaya akan asam amino yang dikenal sebagai Tryptophan. Zat tersebut dapat memicu produksi melatonin (hormon tidur) yang dapat membantu untuk tidur. Mengkonsumsi buah pisang beberapa jam sebelum tidur dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak.

  43. Mengurangi Peradangan Karena Gigitan Nyamuk
  44. Mengurangi Peradangan Karena Gigitan Nyamuk
    Gatal serta bengkak akibat gigitan nyamuk dapat dikurangi dengan cara menggosok bagian dalam pisang di atasnya.

  45. Mengatasi Morning Sickness
  46. Mengatasi Morning Sickness
    Buah pisang dapat membantu dalam mencegah dan mengatasi morning sickness.

  47. Mengurangi Gejala PMS, Perubahan Mood, dan Mengatasi Depresi
  48. Mengurangi Gejala PMS, Perubahan Mood, dan Mengatasi Depresi
    Buah pisang mengandung vitamin B6, serotonin, triptofan, dopamin, yang dapat mengurangi gejala pms, perubahan mood, dan mengatasi depresi.


Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Kulit

Buah pisang mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit. Buah pisang banyak mengandung vitamin C dan B6 yang berperan penting dalam menjaga integritas dan elastisitas kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dan mangan yang terkandung dalam buah pisang juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Sehingga buah pisang memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi terlihat lebih muda. Buah pisang memiliki sekitar 75 persen air, sehingga dapat membantu melembabkan kulit serta mencegah kulit kering dan terkelupas. Berikut manfaat buah pisang untuk kesehatan kulit.





  1. Pelembab Alami
  2. Pelembab Alami
    Buah pisang dapat dijadikan sebagai pelembab alami untuk kulit Anda. Hal ini karena buah pisang mengandung vitamin A yang dapat mengembalikan kelembaban yang hilang serta memperbaiki kulit rusak, kulit kusam, dan kering. Caranya, hancurkan pisang yang sudah matang dan terapkan pada wajah. Hindari kontak dengan mata dan biarkan kulit Anda selama 20-25 menit, lalu cuci dengan air hangat. Apabila ingin membuat kulit menjadi lebih lembut dan lentur, Tambahkan madu pada pisang tersebut. Hal ini dapat membantu dalam menghilangkan pigmentasi kulit.

    Anda juga dapat membuat masker wajah yang lain yang dapat melembabkan kulit. Caranya, hancurkan pisang yang setengah matang dan campurkan dengan dengan 1 sdm yogurt dan 1 sdt minyak vitamin E. Oleskan pada wajah yang sudah bersih dan cuci apabila sudah 30 menit.

  3. Mengobati Kutil Dan Psoriasis
  4. Mengobati Kutil Dan Psoriasis
    Kulit pisang juga membantu untuk mengobati kutil dan psoriasis. Gosokkan kulit pisang pada daerah yang terdapat kutil dan psoriasis, lakukan selama 10-12 menit dua kali setiap hari.

  5. Mengatasi Keriput
  6. Mengatasi Keriput
    Kulit pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi keriput. Oleskan kulit pisang pada daerah yang berkeriput selama 15 menit setiap hari.

  7. Mencerahkan Kulit
  8. Mencerahkan Kulit
    Buah pisang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Berikut 2 cara membuat masker dari buah pisang yang dapat mencerahkan kulit.
    • Hancurkan setengah pisang matang dan campurkan dengan 1 sdm cendana bubuk / pasta dan ½ sdt madu. Oleskan ke kulit dan biarkan selama 20-25 menit, lalu cuci dengan air hangat. Masker tersebut dapat bermanfaat untuk membersihkan sebum berlebih dan minyak, sehingga cocok untuk kulit berminyak.
    • Hancurkan satu buah pisang matang dan campurkan dengan jus lemon dari 1 buah lemon (sekitar 2-3 sdm). Biarkan selama 25 menit. Masker tersebut banyak mengandung vitamin C yang dapat mengurangi bintik-bintik dan noda.


  9. Mengatasi Jerawat
  10. Mengatasi Jerawat
    Kulit pisang juga dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Potong-potong kecil kulit pisang dan gosokkan pada bagian kulit yang terdapat jerawat. Gosok selama sekitar 5 menit. Bersihkan kulit sekitar dengan air hangat tapi biarkan kulit yang terdapat jerawat tadi jangan dibersihkan dengan air terlebih dahulu. Ulangi setidaknya 3 kali sehari.

  11. Mengobati Kulit Gatal
  12. Mengobati Kulit Gatal
    Apabila kulit Anda gatal-gatal dan bengkak, hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada daerah kulit yang gatal-gatal tersebut dapat meredakan pembengkakan dan gatal-gatal.

  13. Lulur (scrub) Badan
  14. Lulur (scrub) Badan
    Pisang memiliki banyak kandungan antioksidan. Buah pisang apabila dicampur dengan beberapa bahan, tidak hanya dapat membantu untuk menghilangkan kulit mati tetapi juga dapat meremajakan kulit. Berikut adalah beberapa scrub dari buah pisang berdasarkan bahan-bahan yang dicampurkan.
    • Ambil pisang yang sudah dihancurkan dan 1 sdm gula, lalu campur kedua bahan tersebut. Oleskan pada kulit Anda dan gosokkan dengan gerakan memutar. Buah pisang dapat melembabkan kulit kering sementara butiran gula dapat menyingkirkan kulit mati.
    • Hancurkan pisang yang sudah matang dan tambahkan dengan 2-3 sendok makan gandum, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan 5 menit. Cuci dengan air dingin. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mengganti susu dengan krim segar.
    • Hancurkan 2 buah pisang dan 4-5 stroberi dengan menggunakan blender. Campurkan dengan 3 sendok makan gula dan oleskan ke kulit Anda pada saat mandi.


  15. Anti-penuaan
  16. Anti-penuaan
    Buah pisang mengandung nutrisi yang dapat membantu dalam mencegah keriput dan membuat kulit menjadi awet muda. Menggunakan masker dari buah pisang banyak mengandung vitamin A dan E. Caranya, hancurkan buah pisang bersama dengan alpukat. Oleskan ke kulit dan biarkan selama 25 menit, lalu bilas. Dengan menggunakan campurkan dari kedua buah tersebut dapat membuat kulit menjadi lembut dan awet muda. Vitamin E yang terkandung dalam alpukat yang dikombinasikan dengan nutrisi dalam pisang dapat melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan.

    Anda juga dapat membuat masker wajah anti-penuaan yang lain yaitu degnan menghancurkan 1/4 pisang sampai sangat kental dan tambahkan dengan satu sendok teh air mawar. Oleskan pada wajah dan leher, tunggu 30 menit dan cuci.

  17. Merawat Kulit Kaki
  18. Merawat Kulit Kaki
    Menggunakan pelembab yang berbahan dari buah pisang dapat mengatasi tumit pecah-pecah. Hancurkan 2 buah pisang, lalu oleskan ke tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih. Buah pisang yang sudah dihancurkan dapat menembus tumit yang pecah-pecah dan membuat kulit kaki menjadi lebih lembut dan lentur.

  19. Menghilangkan Kantung Mata
  20. Menghilangkan Kantung Mata
    Hancurkan setengah pisang dan oleskan ke daerah sekitar mata. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian dibilas dengan air dingin. Kantung mata dapat hilang, hal ini karena buah pisang kaya akan kalium yang dapat menghilangkan kantung mata.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Rambut

Buah pisang kaya akan kandungan kalium, karbohidrat, minyak alami, dan vitamin yang dapat membantu dalam melembutkan rambut dan melindungi elastisitas alami rambut serta mencegah rambut bercabang dan berbagai kerusakan rambut lainnya. Buah pisang dan mengatasi ketombe dan dapat membuat rambut menjadi lebih bersinar. Berikut manfaat buah pisang untuk kesehatan rambut.
  1. Melembutkan Rambut
  2. Melembutkan Rambut
    Campurkan buah pisang yang sudah matang dengan alpukat dan tambahkan santan. Oleskan pada rambut Anda dan tunggu selama 15-20 menit. Anda juga dapat menambahkan kakao. Kakao dapat bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih hitam.

  3. Mencerahkan Rambut
  4. Mencerahkan Rambut
    Kupas pisang dan tambahkan dengan 1/4 cangkir minyak zaitun serta 1 putih telur, masukkan ke dalam blender. Haluskan selama beberapa menit. Oleskan ke rambut selama 15 menit dan cucui dengan menggunakan shampo.

  5. Mencegah Rambut Rontok
  6. Mencegah Rambut Rontok
    Buah pisang juga dapat mencegah rambut rontok. Caranya dengan hancurkan buah pisang yang sudah matang dengan yoghurt. Oleskan ke kulit kepala dan damkan 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin.

  7. Mengatasi Rambut Kering
  8. Mengatasi Rambut Kering
    Dengan mencampurkan buah pisang dan madu dapat mengatasi rambut rontok. Campurkan 3 sendok madu dengan pisang matang yang sudah hancur dan oleskan pada rambut pada saat masih basah. Biarkan selama 15-20 menit lalu cuci.

Itulah 38 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Buah pisang kaya akan nutrisi dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan Anda, terlebih lagi buah pisang dapat dengan mudah ditemukan dan tersedia sepanjang tahun. Dengan memanfaatkan buah pisang untuk keperluan kecantikan dapat menghemat uang Anda tanpa perlu membeli kosmetik yang mungkin tidak baik untuk kesehatan kulit karena sekarang ini banyak kosmetik yang mengandung berbagai bahan kimia.

Poskan Komentar