Inilah 18 Manfaat Terong dan Cara Memilih Terong yang Bagus

Manfaat terong. Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang penuh akan manfaat. Selain menjadi salah satu pilihan populer dalam berbagai masakan yang berbeda, terong juga menawarkan banyak manfaat. Terong berasal dari negara India dan Sri Lanka. Terong berkerabat dekat dengan leunca dan kentang, serta agak jauh dari tomat.

Terong biasanya digunakan untuk tujuan memasak dan dianggap sayuran. Sama seperti sayuran yang lainnya, sayuran ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.
Manfaat Terong

Kandungan Terong

82 gram terong memiliki kandungan yang terdiri dari
  1. Serat 11%
  2. Mangan 10%
  3. Molybdenum 5,4%,
  4. Kalium 5,3%
  5. Folat 4,5%
  6. Vitamin K 3,5%
  7. Tembaga 3,5%
  8. Vitamin B 63,5%
  9. Triptofan 3,1%
  10. Vitamin C 3%
  11. Magnesium2,8%

Manfaat Terong

  1. Mengontrol Diabetes
  2. Mengontrol Diabetes
    Terong merupakan sumber yang kaya akan serat dan karbohidrat larut rendah. Jadi sangat bermanfaat untuk membantu kadar gula darah dan juga untuk mengontrol penyerapan glukosa. Hal ini membuat terong menjadi salah satu pilihan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.

  3. Menjaga Kesehatan Jantung
  4. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kadar kolesterol dapat diturunkan oleh terong. Hal ini juga membantu untuk menstabilkan tingkat tekanan darah dan bertujuan untuk menjaga kesehatan jantung. Tubuh juga terus dapat terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium yang terdapat dalam sayuran ini. Terong dapat bermanfaat untuk mencegah jantung koroner.

  5. Menjaga Kesehatan Otak
  6. Menjaga Kesehatan Otak
    Terong mengandung phytonutrients dimana dapat menjaga membran sel dari segala bentuk kerusakan dan dapat memudahkan dalam hal transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga menjaga fungsi memori.

  7. Membantu Dalam Produksi Zat Besi
  8. Manusia membutuhkan zat besi agar organ tubuh kita dapat berfungsi dengan baik pada kehidupan sehari hari. Namun, terlalu banyak zat besi dalam tubuh sangat tidak baik. Terong mengandung nasunin yang dapat membantu menghilangkan kelebihan zat besi dari tubuh. Hal ini dapat bermanfaat karena dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung karena kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai serangan radikal bebas.

  9. Menurunkan Berat Badan
  10. Terong memiliki kandungan tinggi kadar air, tetapi rendah kalori. Hal ini dapat membuat terong menjadi sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Alangkah baiknya untuk mengkonsumsi terong untuk menurunkan berat badan dibanding dengan berbagai suplemen-suplemen penurun berat badan.

  11. Membantu Pencernaan
  12. Membantu Pencernaan
    Kandungan serat yang baik pada terong dapat menyehatkan sistem pencernaan. Terong juga dapat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan mengurangi risiko terserang kanker usus.

  13. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Kronis
  14. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Kronis
    Terong dapat bermanfaat untuk mencegah serta mengurangi risiko kemungkinan penyakit jantung dan stroke.

  15. Mengurangi Kecanduan Merokok
  16. Mengurangi Kecanduan Merokok
    Terong kandungan yang mengandung nikotin yang sedikt, hal ini dapat membantu orang-orang yang ingin berhenti merokok secara bertahap.

  17. Bersifat Anti Bakteri
  18. Bersifat Anti Bakteri
    Terong memiliki sejumlah vitamin C yang baik yang dapat dijadikan sebagai anti-virus dan anti bakteri yang efektif.

  19. Memperhalus Kulit
  20. Memperhalus Kulit
    Terong sangat kaya akan mineral, vitamin, dan serat makanan. Hal ini dapat membantu kesehatan kulit terjaga dari dalam dan membuat kulit menjadi bersih.

  21. Membuat Kulit Bersinar
  22. Membuat Kulit Bersinar
    Terong memiliki jumlah kadar air yang baik. Hal ini membantu dalam menjaga tubuh dan kulit untuk terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga membantu membuat kulit menjadi halus.

  23. Kulit Menjadi Lembut Dan Kenyal
  24. Kulit Menjadi Lembut Dan Kenyal
    Kadar air yang terdapat pada terong dapat membantu menjaga kulit Anda untuk tetap lembut dan lentur.

  25. Mencegah Penuaan
  26. Mencegah Penuaan
    Kulit terong memiliki banyak anthocyanin. Antioksidan tersebut bertindak untuk mencegah penuaan.

  27. Mencegah Kanker Kulit
  28. Mencegah Kanker Kulit
    Terong mengandung berbagai antioksidan. Sebuah antioksidan tertentu yang terkandung dalam terong membantu mencegah kanker kulit.

  29. Memperkuat Rambut
  30. Memperkuat Rambut
    Kadar air dalam terong dapat menyuburkan akar rambut Anda dari dalam. Hal ini dapat membantu menjaga rambut Anda agar lebih kuat.

  31. Kulit Kepala Dapat Terhidrasi
  32. Kulit Kepala Dapat Terhidrasi
    Terong memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik yang dapat memberikan berbagai nutrisi untuk kulit kepala Anda dan tetap sehat. Hal ini juga dapat mencegah masalah-masalah lainnya yang berhubungan dengan rambut, karena sebagian masalah tersebut dikarenakan karena kulit kepala yang tidak sehat.

  33. Pertumbuhan Rambut
  34. Pertumbuhan Rambut
    Terong mengandung enzim yang dapat membantu merangsang folikel rambut Anda. Hal ini dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik dan membuat rambut Anda lebih sehat.

  35. Teksur Rambut
  36. Teksur Rambut
    Seseorang yang memiliki masalah rambut seperti rambut yang kasar dan kering, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi lebih banyak terong. Hal ini karena terong dapat membantu membuat rambut menjadi bersinar dan sehat serta meningkatkan tekstur rambut secara keseluruhan.


Cara Memilih Terong Yang Bagus

Cara Memilih Terong Yang Bagus
  1. Carilah terong yang memiliki kulit yang halus dan mengkilap.
  2. Terong memiliki warna yang cerah mengkilat.
  3. Pastikan tidak ada bercak pada kulit.
  4. Usahakan kulitnya tipis.
  5. Jika keriput, itu menandakan sudah tua dan memiliki rasa yang pahit.
  6. Tekan kulit terong sedikit, apabila membekas, itu berarti sudah matang.
  7. Jika kulit terlalu lembut, itu berarti terlalu lama dan memiliki rasa yang agak pahit.

Itulah 18 manfaat terong. Pastikan untuk mengkonsumsi terong dan alangkah baiknya untuk dijadikan sebagai salah satu dari bagian makanan sehari-hari Anda.

Poskan Komentar