14 Penyebab Badan Kurus dan Cara Mengatasinya!

Memiliki bentuk tubuh yang proporsional mungkin merupakan dambaan untuk sebagian orang, untuk yang memiliki kelebihan berat badan biasanya akan diet, begitu pula sebliknya. Menaikkan berat badan bukanlah hal yang sesulit Anda bayangkan jika Anda mengetahui berbagai hal yang harus untuk dilakukan guna mencapainya serta hal-hal apa saja yang menjadi penyebab badan kurus.

Di zaman yang sudah modern ini, banyak orang yang ingin mendapatkan hasil dengan singkat dan cepat, termasuk untuk menambah berat badan yang diinginkan. Alangkah baiknya untuk menggemukan badan tanpa memakai berbagai jenis obat-obatan penggemuk badan. Menggunakan cara alami biasanya tidak memiliki resiko baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut penyebab badan kurus.


Penyebab Badan Kurus

Penyebab Badan Kurus
  1. Kekurangan Nutrisi
    Kekurangan nutrisi adalah salah satu yang menjadi penyebab badan kurus dan susah gemuk. Hal ini karena kurangnya asupan nutrisi pada tubuh sangat berpengaruh terhadap berat badan yang dimiliki. Kekurangan nutirisi juga dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal, konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung gizi dan nutrisi.
  2. Keturunan
    Penyebab badan kurus juga dapat disebabkan karena faktor keturunan. Faktor keturunan merupakan penyebab yang tidak dapat untuk dihindari dengan cara apapun. Alangkah baiknya untuk lebih banyak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Jarang Berolahraga
    Berolahraga merupakan faktor yang cukup penting bagi kesehatan dan bentuk tubuh. Jarang berolahraga merupakan salah satu faktor penting penyebab badan kurus. Banyak orang yang berpikir bahwa dengan tidak berolahraga dapat mempunyai badan gemuk, namun orang yang memiliki badan kurus juga dapat disebabkan karena jarang berolahraga. Hal ini karena otot-otot pada tubuh tidak dilakukan untuk beraktifitas.
  4. Terlalu banyak olahraga
    Bukan hanya jarang berolahraga, terlalu sering berolahraga juga dapat menjadi penyebab badan kurus. Tubuh membutuhkan olahraga supaya badan tetap sehat dan bugar. Namun terdapat batasan mengenai seberapa sering Anda harus berolahraga agar tubuh tetap sehat. Banyak kaum wanita yang memiliki pendapat bahwa semakin sering seseorang berolahraga maka semakin baik untuk tubuh, dan hal tersebut belum tentu benar. Terdapat beberapa wanita yang memang memerlukan olahraga agar dapat gemuk. Hal ini terjadi karena wanita memerlukan dorongan fisik supaya metabolisme pada tubuh dapat bekerja dengan baik serta dapat membantu dalam meningkatkan berat badan. Namun, terlalu banyak berolahraga juga dapat membuat Anda menjadi tetap kurus serta susah untuk gemuk.
  5. Merokok
    Merokok juga dapat menjadi salah satu penyebab badan kurus. Menurut penelitian dari Yale University yang telah menemukan penyebab badan kurus bagi orang yang merokok dan dapat menjadi gemuk setelah ia berhenti untuk merokok yaitu karena pengaruh nikotin yang terkandung dalam rokok tersebut. Para perokok pada umumnya memiliki berat badan rata-rata 2,5 kg lebih ringan jika dibandingkan dengan yang non-perokok” ujar Profesor Marina Piccotto, seperti yang dikutip pada ABC.net.au. Apabila Anda memiliki berat badan yang kurus dan dibawah ideal, alangkah baiknya untuk jangan mengabaikan hal ini. Segera ketahui masalah yang Anda alami dan cobalah untuk melakukan berbagai cara yang dapat menaikkan berat badan secara alami.
  6. Diare dan Sembelit
    Penyakit diare dan sembelit erat kaitannya dengan adanya gangguan atau karena sistem metabolisme tubuh yang tidak bekerja secara normal. Penyakit tersebut dapat membuat sari makanan tidak dapat terserap dengan baik pada tubuh yang membuat badan menjadi kurus.
  7. Penyakit Maag (Gastritis)
    Adanya gangguan pada lambung ataupun pada sistem pencernaan lainnya banyak diderita oleh banyak orang. Orang yang memiliki penyakit maag belum tentu orang tersebut kurus, namun pada umumnya maag juga dapat menjadi penyebab badan kurus. Hal ini karena lambung menjadi tidak bekerja dengan baik dan biasanya juga diikuti dengan diare atau sembelit.
  8. Defisiensi Mineral
    Kekurangan air mineral atau yang dapat disebut juga dengan defisiensi mineral merupakan penyebab badan kurus dan sulit untuk gemuk. Asupan air yang ada pada tubuh haruslah selalu dipenuhi. Bagi seseorang yang tubuhnya kekurangan air mineral, orang tersebut akan sulit untuk memiliki tubuh yang gemuk. Dianjurkan untuk minum 8 sampai 10 gelas air mineral setiap hari.
  9. Begadang
    Banyak orang di Indonesia yang sering begadang dan itu merupakan salah satu penyebab badan kurus yang dapat dihindari. Menurut penelitian, begadang dapat membuat enzim dalam tubuh tidak dapat berjalan dengan baik serta hal itu merupakan pemicu badan menjadi kurus.
  10. Gangguan Metabolisme Tubuh
    Seseorang yang berbadan kurus mempunyai kerja metabolisme yang sangat cepat. Hal ini yang membuat seberapa banyak makanan yang dikonsumsi akan lebih cepat dibakar tubuh menjadi energi. Apabila ada gangguan metabolisme tubuh, alangkah baiknya untuk berkonsultasi ke dokter.
  11. Tidak Pernah Detoks
    Tidak pernah detoks sehingga terdapat kotoran di dalam usus menjadi salah satu penyebab badan kurus. Mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan instan, atau berbagai jenis makanan yang tidak dioleh dengan baik, hal tersebut yang dapat menimbulkan kotoran di usus. Kotoran yang terdapat di usus tersebut membuat penyerapan zat gizi, vitamin, nutrisi yang terkandung dalam makanan tidak dapat terserap dengan semuparna dan menyebabkan pertumbuhan tubuh menjadi terganggu. Hal ini yang membuat tubuh menjadi susah gemuk walaupun sudah makan banyak. Alangkah baiknya untuk setidaknya melakukan detoksifikasi 1 atau 2 bulan sekali.
  12. Konsumsi Alkohol
    Mengkonsumsi alkohol juga bukan lagi sebuah rahasia umum yang merupakan badan susah gemuk dan salah satu penyebab badan kurus. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan yang terdapat pada minuman alkohol sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, jauhi mengkonsumsi minuman beralkohol.
  13. Stress
    Banyak orang yang sering mengalami stress dengan masalah yang sedang dihadapinnya, seperti masalah dengan pasangan, tugas-tugas, dan lain sebagainya. Hal ini membuat orang tersebut menjadi tidak selera makan. Stress mempengaruhi psikologisnya, hal tersebut yang membuat badan menjadi susah gemuk. Stress merupakan masalah yang berhubungan dengan emosi, masalah emosi tersebut dapat memiliki pengaruh pada masalah pada fisik juga. Hal ini yang membuat stress dapat mempengaruhi kinerja pencernaan.
  14. Terlalu Capek Kerja
    Kerja berat dapat berpengaruh dengan selera makan, hal ini yang membuat kita menjadi malas makan ataupun bahkan lupa dengan kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi tersebut. Tubuh kita sangat memerlukan asupan karbohidrat dan kalori yang mana merupakan sumber utama penghasil tenaga. Apabila tidak dapat terpenuhi, maka hanya mengambil sisa cadangan pada tubuh seperti lemak atau bahkan daging. Hal ini yang menjadi penyebab badan kurus. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk hindari terlalu capek dalam bekerja dan usahakan untuk makan secara rutin.


Penderita Asma pada umumnya jarang sekali gemuk, namun hal ini bukan berarti bahwa semua penderita asma pasti memiliki tubuh yang kurus. Dan operasi hernia serta usus buntu yang sebelumnya mungkin pernah Anda lakukan dapat berpengaruh sementara terhadap berat badan yang Anda miliki, contohnya pada saat masa pemulihan, namun pada saat kondisi tubuh sudah fit seharusnya berat badan yang Anda miliki akan naik apabila ditunjang dengan asupan kalori yang cukup.

Cara Menambah Berat Badan
Adapun cara menambah berat badan dapat melakukan berbagai cara sebagai berikut ini :
1) Olahraga sesuai kemampuan. Terlalu banyak berolahraga atau jarang berolahraga dapat membuat tubuh Anda menjadi susah gemuk. Lakukan olahraga yang tidak begitu menguras tenaga seperti bersepeda dan lain sebagainya.

2) Perhatikan asupan makan. Makan porsi kecil dan sering serta makanan tersebut memiliki kandungan kalori yang tinggi. Ingat 4 sehat 5 sempurna.

3) Istirahat cukup dan teratur. Tidur pada waktunya dan cukup. Lebih baik hindari begadang jika tidak ada urusan yang penting. Pada malam hari hendaknya tidur lebih awal dan bangun pagi, lalu berolahraga secukupnya.

4) Minum susu. Mengkonsumsi susu pada pagi dan sore hari 1 gelas berukuran sedang.

5) Hindari stres. Walaupun stres sudah menjadi salah satu bagian yang ada dalam kehidupan setiap orang, namun alangkah baiknya untuk selalu menghindar dari pikiran-pikiran yang dapat membuat Anda stress. Hal ini karena adanya beban pikiran yang terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan dan menjadi salah satu penyebab badan kurus.

6) Mengkonsumsi camilan sehat. Anda dapat mengkonsumsi camilan-camilan sehat seperti roti, jus buah, dan lain sebagainya.

Apabila Anda sudah melakukan segala upaya namun masih belum berhasil, alangkah baiknya untuk periksakan diri Anda ke dokter dan ahli gizi jika perlu. Ahli gizi akan membantu Anda untuk dapat menemukan pola makan yang cocok untuk Anda agar dapat meningkatkan berat badan. Itulah penyebab badan kurus dan bagaimana mengatasinya.

Poskan Komentar